Kulon Progo Kembangkan Sentra Bawang Merah


Hallo sahabatku, Komunitas Warga Kulon Progo, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Kulon Progo Kembangkan Sentra Bawang Merah, Kami berharap isi postingan Artikel informasi usaha kulonprogo, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga





Dinas Pertanian serta Pangan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, memetakan kawasan yang bakal dijadikan sentra budi daya bawang merah yang ditargetkan seluas 300 hektare.

Kepala Dinas Pertanian serta Pangan Kulon Progo Bambang Tri Budi di Kulon Progo, Rabu (5/7), berbicara pihaknya sedang melakukan sosialisasi terhadap masyarakat agar menanam bawang merah yang mempunyai kualitas ekonomi tinggi. "Saat ini, masyarakat tak sedikit yang tertarik menanam bawang merah. Kami bakal menambah ketersedian infrastruktur irigasinya serta kami bakal bantu sarana produksi, agar ada peningkatan luas tanam bawang merah," kata Bambang.

Ia berbicara luas lahan bawang merah di Kulon Progo baru mencapai 100 hingga120 hektare yang tersebar di 12 kecamatan, terutama di Desa Srikayangan, Kecamatan Sentolo. Dinas berupaya memberikan motivasi terhadap masyarakat agar menanam bawang merah.

Terkait kawasan yang berpotensi berubah target lokasi perluasan lahan bawang merah, Bambang berbicara ada tiga, yakni Sentolo, Pengasih serta Lendah. Di Kecamatan Sentolo, bakal disentrakan di Desa Srikayangan, Sukoreno serta Salamrejo dalam satu hamparan dengan-cara bertahap.

"Kami kosentrasikan lokasi pohon bawang merah di Kecamatan Sentolo itu dikarenakan petani di sana telah merintis komoditas ini sejak puluhan tahun," katanya.

Selain itu, lanjut Bambang, pihaknya berupaya mengakses dana sosial Bank Indonesia untuk mendukung pengembangan sentra bawang merah di Kulon Progo. "Kami berharap Bank Indonesia menolong Kulon Progo mengembangkan sentra bawang merah dalam rangka mendukung stabilitas harga bawang merah di pasar serta menambah produk lokal," harapnya.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo berbicara bawang merah adalah komoditas strategis yang mempengaruhi tingkat penambahan jumlah uang yang beredar daerah. Potensi lahan untuk ditanami bawang merah amatlah luas, namun butuh dipetakan dengan-cara seksama.

Untuk itu, Dinas Pertanian serta Pangan butuh melakukan langkah strategis untuk mewujudkan cetak lahan baru, bagus pohon bawang merah, serta padi. "Ke depan, penyusutan lahan pertanian serta peningkatan kebutuhan komoditas pertanian butuh disikapi dari sekarang," katanya.

Menurut dia, bidang pertanian, butuh dilakukan intensifikasi serta modernisasi pertanian dengan membangun embung serta bendungan untuk pembukaan lahan pertanian/sawah baru berbasis pertanian organik serta kemandirian pangan dalam mengimplementasikan pola pangan andalan (PPH) beragam, bergizi, seimbang, serta aman. "Hal ini dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di Kulon Progo," katanya.


Sumber : REPUBLIKA.CO.ID

Itulah tadi Sahabat Komunitas Warga Kulon Progo,sedikit uraian tentang Kulon Progo Kembangkan Sentra Bawang Merah.

Oh ya kawan, sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel pada halaman di bawah ini juga sedang anda cari.

Semoga artikel Kulon Progo Kembangkan Sentra Bawang Merah yang saya bagikan di hari ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Terimakasih anda telah membaca artikel Kulon Progo Kembangkan Sentra Bawang Merah dan bila artikel ini bermanfaat menurut anda tolong bagikan ke rekan sanak saudara anda agar mereka juga tahu tentang ha ini, bagikan artikel ini dengan alamat link https://kwkp.blogspot.com/2017/07/kulon-progo-kembangkan-sentra-bawang.html

No comments