Industri sabut kelapa kulonprogo


Hallo sahabatku, Komunitas Warga Kulon Progo, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Industri sabut kelapa kulonprogo, Kami berharap isi postingan Artikel arsip berita kulonprogo, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga




Sabut kelapa bagi warga ulon kulon progo merupakan bahan hasil limbah kelapa. Warga kulonprogo kebanyakan memanfaatkan sabut kelapa ini hanya sekedar buat kayu bakar untuk memasak sehari hari dan juga untuk pembakaran grabah dan batu bata. Namun sebenarnya sabut kelapa ini banyak manfaatnya yang tidak hanya sekedar sebagai kayu bakar. Ada berbagai macam kerajinan yang terbuat dari sabut kelapa ini. Antara lain sebagai tambang, keset, sapu lantai dan sulak.
Namun hal ini tidak berlaku bagi warga Dusun Klegen, Desa Sendangsari, Kecamatan Pengasih, Kulonprogo. Diwilayah ini sabut kelapa tidak hanya digunakan seba. Namun gai bahan bakar tungku saja. Namun diwilayah ini merupakan sentra industri sabut kelapa. jika anda berkunjung ketempat ini anda akan melihat orang yang lalu lalang di jalan dusun sambil membawa sapu atau keset yang siap jual.
Para warga Klegen ini masih bertahan sebagai pengrajin sabut kelapa yang sudah dijalani oleh masyarakat ini secara turun temurun. Ada yang sekadar menyediakan bahan sabut siap pakai, tali sabut, hingga membuat  sapu dan keset. Mereka mengerjakannya tidak berada pada satu tempat. Teapi dikerjakan dirumah masing masing yang memungkinkan bisa dipakai sebagai usaha sampingan mereka mengisi waktu disela sela kesibukan pokok lainnya.  Sebagian memang menjadikan sabut sebagai sumber mata pencaharian, tapi banyak juga yang hanya mencari penghasilan tambahan.
Menurut cerita masyarakat setempat bahwa kerajinan sabut kelapa ini mereka jalani sudah turun temurun sejak zaman belanda dahulu.

Sabut siap pakai dibuat  dalam beberapa bulan. Dalam proses pembuatan sabu kelapa ini diperlukan beberapa proses. Mula-mula sabut kelapa dipukul-pukul agar lebih pipih dan lunak. Jika sudah dipukul pukul maka dabut kelapa akan menjadi lunak dan srat seratnya saling berjauhan sehingga memiliki celah yang bisa memudahkan air terserap kedalamnya., kemudian direndam dalam air selama dua atau tiga bulan, dipukul-pukul lagi agar seratnya terpisah, lalu dijemur sampai kering kering di bawah sinar matahari. Setelah kering sabut kelapa yang sudah siap pakai ini akan dijual ke pengepul terdekat dengan harga antara  Rp9.000 hingga Rp12.000 per kilogramnya.

Salah satu pengepul sabut di Klegen adalah Iriani. Selain mengumpulkan sabut dari warga sekitar dan menjualnya ke wilayah Jogja, Klaten, dan Muntilan, Iriani juga mengolahnya menjadi kerajinan sapu dan keset. Pemasarannya sudah sampai Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumatera.
Menurut Iriani, warga Klegen akrab dengan pengolahan sabut karena dulu banyak yang bekerja untuk sebuah pabrik cempol di Pengasih. Saat pabrik itu guling tikar pada sekitar tahun 1960, sebagian pekerja lalu mengolah sabut di rumah masing-masing, termasuk orang tua Iriani. Pembuatan sapu dan keset pun sudah mulai dilakukan meski jumlahnya tidak banyak.

Iriani sendiri melanjutkan usaha orang tuanya sejak 1995. Warga lainnya pun perlahan menyadari potensi nilai ekonomi sabut sehingga jumlah perajin terus bertambah. Klegen lalu menjadi sentra kerajinan sabut kelapa dan sering mendapatkan kunjungan dari berbagai daerah dan bahkan luar negeri, seperti Amerika dan Jepang.

“Tahun 1997 sampai 2000 itu bermunculan perajin baru. Memang sayang kalau tidak diolah karena bahannya ada terus,” ujar Iriani.
Sumber berita: harian jogja




Itulah tadi Sahabat Komunitas Warga Kulon Progo,sedikit uraian tentang Industri sabut kelapa kulonprogo.

Oh ya kawan, sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel pada halaman di bawah ini juga sedang anda cari.

Semoga artikel Industri sabut kelapa kulonprogo yang saya bagikan di hari ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Terimakasih anda telah membaca artikel Industri sabut kelapa kulonprogo dan bila artikel ini bermanfaat menurut anda tolong bagikan ke rekan sanak saudara anda agar mereka juga tahu tentang ha ini, bagikan artikel ini dengan alamat link https://kwkp.blogspot.com/2016/05/industri-sabut-kelapa-kulonprogo.html

No comments