Coba Varietas Unggul Durian Promasan ala Banjaroya


Hallo sahabatku, Komunitas Warga Kulon Progo, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Coba Varietas Unggul Durian Promasan ala Banjaroya, Kami berharap isi postingan Artikel KULINER, Artikel Wisata Kulon Progo, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga




Harianjogja.com, KULONPROGO — Pemerintah Kabupaten Kulonprogo mendaftarkan varietas bibit unggul durian promasan ke tingkat nasional. Sedianya rencana ini dilakukan untuk menyusul varietas durian menoreh kuning, yang terlebih dahulu telah dipatenkan sebagai varietas unggul Kulonprogo pada 2013 lalu. Tidakhanya varietas bawang merah Srikayangan sejak September 2016 lalu.

Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian serta Pangan Kulonprogo, Eko Purwanto mengatakan, durian promasan adalah durian khas dari Banjaroya, Kalibawang. Pohon induk berada di Dusun Promasan, serta belum terdaftar sebagai bibit unggul Kulonprogo, di Kementerian Pertanian. Dari sisi bentuk, durian Promasan ini tak jauh tak sama dengan durian Banjaroya pada umumnya, namun dinilai mempunyai rasa yang khas.

"Keunggulannya tetap diidentifikasi oleh balai benih," kata dia, pekan lalu

Purwanto mengungkapkan, di Kulonprogo, sejumlah titik yang berubah lokasi pengembangan varietas bibit unggul durian, ada di Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang berada di atas lahan seluas 30 Hektare, 30 Hektare di Kecamatan Samigaluh, serta 35 Hektare di Kecamatan Girimulyo, tepatnya kurang lebih Embung Kleco. Hasil pembuatan durian bumi menoreh pada umumnya tak sedikit yang dibeli oleh masyarakat luar Kulonprogo, itu dikarenakan kegemaran mereka mengonsumsi durian, serta harga cenderung tinggi.

Ia berharap, sehabis varietas tersebut terdaftar serta sehingga keunggulan wilayah, pastinya bisa dikembangkan oleh masyarakat luas. Terlebih ia menyebut, teknik perawatan durian ini tak jauh tak sama dengan durian Kulonprogo pada umumnya. Sejauh ini, durian yang panen sekali dalam setahun di Kulonprogo mencapai 42.942 Kuintal, berasal dari 66.442 batang pohon. Bisa juga dengan tingkat produktivitas 64,4 Kilogram per batang.
Ketua Kelompok Tani Sido Maju Banjaroya, Sumiyono mengatakan, durian di Banjaroya juga dikembangkan di kurang lebih Embung Tonogoro, sebanyak 3.000 batang pohon. Ditanam bersamaan dengan pohon kelengkeng serta pohon sela lainnya. Petani di sana memperkirakan hasil panen durian bisa memberikan hasil yang bagus bagi petani.

Itulah tadi Sahabat Komunitas Warga Kulon Progo,sedikit uraian tentang Coba Varietas Unggul Durian Promasan ala Banjaroya.

Oh ya kawan, sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel pada halaman di bawah ini juga sedang anda cari.

Semoga artikel Coba Varietas Unggul Durian Promasan ala Banjaroya yang saya bagikan di hari ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Terimakasih anda telah membaca artikel Coba Varietas Unggul Durian Promasan ala Banjaroya dan bila artikel ini bermanfaat menurut anda tolong bagikan ke rekan sanak saudara anda agar mereka juga tahu tentang ha ini, bagikan artikel ini dengan alamat link https://kwkp.blogspot.com/2017/07/coba-varietas-unggul-durian-promasan.html

No comments