Grebeg Budaya Rayakan 2 Tahun Kedung Pedut


Hallo sahabatku, Komunitas Warga Kulon Progo, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Grebeg Budaya Rayakan 2 Tahun Kedung Pedut, Kami berharap isi postingan Artikel Budaya Kulonprogo, Artikel Wisata Kulon Progo, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga




Solopos.com, KULONPROGO-Sejumlah kegiatan kebudayaan digelar di objek wisata Air Terjun Kedung Pedut, Kembang, Jatimulyo, Girimulyo pada Rabu (15/3/2017). Perayaan dilakukan guna merayakan tahun kedua pengelolaan obwis ini.

Sedikitnya 150 warga setempat partisipasi dalam menggelar grebeg budaya, pentas angguk, wayang kulit, serta lomba panjor ini. Kepala Dusun Kembang, Sarija berbicara kegiatan ini juga berupaya melestarikan warisan adat dari leluhur sekaligus promosi wisata. “Baru pertama kali digelar serta dampaknya lumayan lumayan besar,” ujarnya.


Sejumlah kegiatan tersebut dikasih tajuk Gebyar Seni Pareanom 2017 yang bakal digelar dalamwaktu dua hari. Harapannya, kegiatan ini dapat berubah agenda tahunan yang juga menggenjot jumlah pengujung di air terjun yang juga dibekali kolam alamiah ini. Menurutnya, warga berupaya mengolah daya tarik obwis ini dengan memanfaatkan lokasi berubah wahana outbond.

Selain itu, adapula unsur sejarah yang dimanfaatkan salah satunya kepercayaan apabila Pangeran Diponegoro sempat bersemedi di Kedung Pedut. Sejauh ini, faktor tersebut berdampak positif pada jumlah kunjungan yang mencapai ribuan orang dalam sebulan.

Kepala Seksi Sejarah Dinas Kebudayaan DIY, Bambang Marsamtoro berbicara pemanfaatan sudut sejarah serta adat dalam pariwisata sejalan dengan pengembangan seni adat di DIY.

“Secara tak langsung bakal mendukung pengembangan wisata itu dikarenakan mempunyai daya tarik historis,” ujarnya.

Harapannya, faktor ini sejalan dengan pelestarian adat yang dilakukan masyarakat setempat.

Salah satu pengunjung, Muhammad Alam berbicara grebeg yang diselenggarakan amatlah hebat serta meriah. Terlebih lagi, kegiataan adat ini disokong oleh panorama alam yangindah.

Ia berharap agenda serupa dapat digelar di tahun berikutnya dengan lebih meriah. Ia juga melontarkan kritikan pada pengelola objek wisata ini terkait sarana serta prasarana yang ada. “Jalannya mungkin dapat ditingkatkan, untuk lebih memudahkan pengunjung,”kata Alam.

Itulah tadi Sahabat Komunitas Warga Kulon Progo,sedikit uraian tentang Grebeg Budaya Rayakan 2 Tahun Kedung Pedut.

Oh ya kawan, sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel pada halaman di bawah ini juga sedang anda cari.

Semoga artikel Grebeg Budaya Rayakan 2 Tahun Kedung Pedut yang saya bagikan di hari ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Terimakasih anda telah membaca artikel Grebeg Budaya Rayakan 2 Tahun Kedung Pedut dan bila artikel ini bermanfaat menurut anda tolong bagikan ke rekan sanak saudara anda agar mereka juga tahu tentang ha ini, bagikan artikel ini dengan alamat link https://kwkp.blogspot.com/2017/03/grebeg-budaya-rayakan-2-tahun-kedung.html

1 comment

Unknown said...

jogja
hitz banget,sering juga liat orang posting poto ditempat ini