Tari Angguk Kulon Progo


Hallo sahabatku, Komunitas Warga Kulon Progo, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Tari Angguk Kulon Progo, Kami berharap isi postingan Artikel Budaya Kulonprogo, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga




Tari Angguk adalah tarian tradisional yang dibawakan dengan-cara berkelompok. Tarian ini mengambil cerita dari Serat Ambiyo dengan kisah Umarmoyo-Umarmadi serta Wong Agung Jayengrono. Durasi tari Angguk berkisar antara 3 hingga7 jam. Dibawakan oleh penari yang berjumlah 15 wanita. Kostum yang digunakan oleh penari adalah baju mirip baju serdadu Belanda yang dihiasi dengan gombyok barang emas, sampang, sampur, topi pet warna hitam, serta kaos kaki warna merah bisa juga kuning serta mengenakan kacamata hitam. Berbagai grup Angguk yang lumayan terkenal antara lain : Group Angguk Putri Sri Lestari dari Pripih, Angguk Mekar Perwitasari dari Tlogolalo, Hargamulyo, Kokap, Angguk Putri Puspa Rini dari desa Kulur, kecamatan Temon.


Itulah tadi Sahabat Komunitas Warga Kulon Progo,sedikit uraian tentang Tari Angguk Kulon Progo.

Oh ya kawan, sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel pada halaman di bawah ini juga sedang anda cari.

Semoga artikel Tari Angguk Kulon Progo yang saya bagikan di hari ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Terimakasih anda telah membaca artikel Tari Angguk Kulon Progo dan bila artikel ini bermanfaat menurut anda tolong bagikan ke rekan sanak saudara anda agar mereka juga tahu tentang ha ini, bagikan artikel ini dengan alamat link https://kwkp.blogspot.com/2016/12/tari-angguk-kulon-progo.html

No comments