Kulonprogo Pertahankan Tradisi Lewat Festival Karawitan | Republika Online


Hallo sahabatku, Komunitas Warga Kulon Progo, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Kulonprogo Pertahankan Tradisi Lewat Festival Karawitan | Republika Online, Kami berharap isi postingan Artikel Budaya Kulonprogo, Artikel Wisata Kulon Progo, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga




REPUBLIKA.CO.ID, WATES -- Kawaritan merupakan kebudayaan tradisional Jawa yang berpacu kepada musik gamelan. Kabupaten Kulonprogo, DIY, menjadi salah satu yang terus mempertahankan kesenian yang dikemas dengan alunan instrumen dan lagam vokal tersebut.

Kesenian kerawitan merupakan kesenian klasik yang sangat terkenal di masyarakat Jawa dan bangsa Indonesia. Karawitan, menjadi salah satu warisan seni dan budaya yang kaya akan nilai historis dan filosofis.

Dalam karawitan, terdapat dua jenis laras yaitu laras slendro dan laras pelog. Walau zaman terus mengalami perkembangan, karawitan masih tetap hidup sampai sekarang, terus dipelajarai dan dilestarikan sebagai salah satu warisan budaya.

Untuk itu, kesenian karawitan tidak bisa dipandang sebelah mata, sekalipun jika dibandingkan dengan musik era modern. Malah, kesenian karawitan bisa melakukan apa yang tidak bisa oleh musik-musik era modern.

Demi mempertahankan itu, Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulonprogo menggelar Festival Karawitan Putri. Festival dihelat di Taman Budaya Kabupaten Kulonprogo, dengan melibatkan 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Kulonprogo.

Kepala Bidang Seni Adat dan Tradisi Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulonprogo, Wruhantoro, mengatakan Festival Karawitan Putri diadakan dengan tujuan mencari bibit-bibit yang potensial. Terutama, untuk perawit-perawit putri.

Ia berharap, melalui gelaran Festival Karawitan Putri dapat diperolah perawit-perawit putri yang berkualitas. Wruhantoro turut berharap, gelaran itu dapat terselenggara kembali pada tahun-tahun selanjutnya.

"Sebab, akan semakin kehilangan potensi jika festival kerawitan hanya di tahun ini," kata Wruhantoro, akhir pekan lalu.

Dalam Festival Karawitan Putri 2018, Karawitan Putri Kecamatan Kokap ke luar sebagai juara pertama, disusul Kecamatan Sentolo dan Kecamatan Girimulyo. Sedangkan, juara empat dan lima diraih Kecamatan Samigaluh dan Kecamatan Lendah.


Kulonprogo Pertahankan Tradisi Lewat Festival Karawitan | Republika Online

Itulah tadi Sahabat Komunitas Warga Kulon Progo,sedikit uraian tentang Kulonprogo Pertahankan Tradisi Lewat Festival Karawitan | Republika Online.

Oh ya kawan, sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel pada halaman di bawah ini juga sedang anda cari.

Semoga artikel Kulonprogo Pertahankan Tradisi Lewat Festival Karawitan | Republika Online yang saya bagikan di hari ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Terimakasih anda telah membaca artikel Kulonprogo Pertahankan Tradisi Lewat Festival Karawitan | Republika Online dan bila artikel ini bermanfaat menurut anda tolong bagikan ke rekan sanak saudara anda agar mereka juga tahu tentang ha ini, bagikan artikel ini dengan alamat link https://kwkp.blogspot.com/2018/07/kulonprogo-pertahankan-tradisi-lewat.html

No comments