Olah Gula Batok Jadi Gula Kristal


Hallo sahabatku, Komunitas Warga Kulon Progo, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Olah Gula Batok Jadi Gula Kristal, Kami berharap isi postingan Artikel KULINER, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga




Harianjogja.com, KULONPROGO — Musim kemarau membikin pembuatan nira kelapa terjadi sesuatu penurunan. Meski begitu, para perajin gula kelapa di kawasan Kokap masih bersi kukuh membikin gula kelapa dengan bahan seadanya.
Wilayah Kecamatan Kokap dikenal sebagai sentra gula kelapa di Kulonprogo, salah satunya di Dusun Papak, Desa Kalirejo. Berbagai warga setempat telaten mengolah nira berubah gula, bagus yang dicetak dengan batok kelapa maupun berbentuk kristal. "Kalau dibangun kristal, harganya lebih tinggi. Biasanya pada nyebut gula semut," kata Jumiyati, Rabu (16/8/2017).

Jumiyati mengungkapkan, musim kemarau membikin hasil sadapan nira kelapa menurun sampai-pada 50 persen. Kondisi itu jelas berpengaruh kepada volume pembuatan gula kelapa. Sebelumnya, Jumiyati mengaku dapat menghasilkan gula semut sampai-pada 30 kilogram (kg) untuk sekali produksi. Cuma saja belakangan ini cuma 15-20 kg.

Di segi lain, harga gula kelapa juga ikut turun. Gula batok yang sebelumnya Rp15.000 – Rp17.000 turun berubah Rp10.000 – Rp11.000 per kg, namun kenyataannya gua semut turun dari Rp17.000 – Rp20.000 berubah Rp15.000 per kg.

Namun, Jumiyati serta kawan-kawan punya taktik khusus supaya masih dapat bersi kukuh di tengah minimnya bahan baku serta rendahnya harga. Gula batok mereka olah kembali supaya berubah gula semut. Dengan begitu, mereka dapat menjualnya lagi dengan harga yang lebih tinggi jadi keuntungan yang didapat dapat sedikit bertambah. "Selisihnya harganya dapat kurang lebih Rp3.000 hinggaRp4.000 per kg. Untuk itu saya bikin jadi kristal," ujar dia.

Sementara itu, kalangan pengepul gula kelapa membenarkan apabila pembuatan nira cenderung menurun waktu musim kemarau. "Produksi gula batok serta kristal stoknya juga jadi turun hingga50 persen. Biasanya kita_semua ada stok kurang lebih 100 kg per hari. Tapi andai lagi musim begini jadi cuma 50 kg," ujar Sukismiyati, pengepul di kawasan Kalibuko II, Kalirejo, Kokap.

Itulah tadi Sahabat Komunitas Warga Kulon Progo,sedikit uraian tentang Olah Gula Batok Jadi Gula Kristal.

Oh ya kawan, sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel pada halaman di bawah ini juga sedang anda cari.

Semoga artikel Olah Gula Batok Jadi Gula Kristal yang saya bagikan di hari ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Terimakasih anda telah membaca artikel Olah Gula Batok Jadi Gula Kristal dan bila artikel ini bermanfaat menurut anda tolong bagikan ke rekan sanak saudara anda agar mereka juga tahu tentang ha ini, bagikan artikel ini dengan alamat link https://kwkp.blogspot.com/2017/08/olah-gula-batok-jadi-gula-kristal.html

No comments