Tok Jaran, yang Segar-segar dari Kulonprogo


Hallo sahabatku, Komunitas Warga Kulon Progo, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Tok Jaran, yang Segar-segar dari Kulonprogo, Kami berharap isi postingan Artikel Wisata Kulon Progo, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga






Dari sekian tak sedikit destinasi wisata alam di KabupatenKulonprogo, DI Yogyakarta, Tok Jaran merupakan salah satu yang anti-mainstream.

Tok Jaran berlokasi di Dusun Gunung Kelir, Jatimulyo, Girimulyo. Ajaran mata air di Tok Jaran amatlah jernih. Kolam alamiah di bawahnya lumayan luas untuk berenang serta main air bersma keluarga.

Giono selaku Kepala Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Tok Jaran berbicara bahwa tempat ini punya legenda serta sejarah sendiri.

"Konon menurut cerita para sesepuh di desa ini, Mata air ini tak jarang dipakai oleh Pangeran Diponegoro untuk beristirahat. Diponegoro juga tak jarang memandikan kuda-kudanya di mata air ini, oleh itu disebabkan karena itu warga kurang lebih menyebut mata air ini dengan Tok Jaran," papar Giono terhadap Tribun Jateng.

Nuansa alam di kurang lebih Tok Jaran amatlah sejuk, itu disebabkan karena terletak di lereng Perbukitan Menoreh. Mata air mengalir lewat pipa yang terbuat dari bambu. Airnya amatlah jernih serta segar.

"Mata air Tok Jaran ini tetap amatlah alamiah serta murni dari pegunungan. Petunjuk mendeteksi air ini tetap alamiah serta belum tercemar. Kami dapat menonton fauna anggang-anggang air yang berada di permukaan kolam," jelas Giono.

Tok Jaran.(TRIBUNJOGJA/GILANG SATMAKA)
Ia juga menambahkan air tersebut tetap memiliki kadar mineral yang tinggi, jadi air tersebut bisa diminum langsung dari pancuran bambu. 

"Tempat ini berubah favorit ikan-ikan kecil serta ekosistem alamnya tetap amatlah terjaga, itu disebabkan karena alamnya yang tetap amatlah natural serta air belum tercemar," tambah Giono. 
Biaya tiket masuk di wilayah wisata tersebut sebesar Rp 5. 000 per orang. Untuk anggaran parkir kendaraan roda dua sebesar Rp2. 000, namun kenyataannya roda empat sebesar Rp 5.000.
Dari Kota Yogyakarta, Kamu bisa melewati rute Tugu Yogyakarta menuju ke arah barat Jalan Godean. Sesampainya di pasar Godean, lanjutkan perjalanan sampai-pada hinggadi jembatan Sungai Progo.

Ikuti jalan sampai-pada hinggadi perempatan Nanggulan, lurus semakin ke arah wisata Gua Kiskendo. Hinggadi pertigaan Gua Kiskendo ambil jalan ke kiri, ikuti jalan serta papan penunjuk arah ke lokasi wisata tok Jaran yang berada di wilayah wisata Kembang Soka.

Sumber kompas

Itulah tadi Sahabat Komunitas Warga Kulon Progo,sedikit uraian tentang Tok Jaran, yang Segar-segar dari Kulonprogo.

Oh ya kawan, sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel pada halaman di bawah ini juga sedang anda cari.

Semoga artikel Tok Jaran, yang Segar-segar dari Kulonprogo yang saya bagikan di hari ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Terimakasih anda telah membaca artikel Tok Jaran, yang Segar-segar dari Kulonprogo dan bila artikel ini bermanfaat menurut anda tolong bagikan ke rekan sanak saudara anda agar mereka juga tahu tentang ha ini, bagikan artikel ini dengan alamat link https://kwkp.blogspot.com/2017/06/tok-jaran-yang-segar-segar-dari.html

No comments