WISATA KULONPROGO - Berburu Ikan Hias di Galur


Hallo sahabatku, Komunitas Warga Kulon Progo, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul WISATA KULONPROGO - Berburu Ikan Hias di Galur, Kami berharap isi postingan Artikel Wisata Kulon Progo, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga


ikan hias di bogor grosir ikan hias di medan cara memelihara ikan hias di aquarium jual ikan hias di surabaya pasar ikan hias di jakarta harga ikan hias di indonesia jenis ikan hias di botol bekas tempat penjualan ikan hias di tebet jakarta

Harianjogja.com, KULONPROGO — Banyaknya warga yang menjalankan usaha budi daya ikan hias membikin Kecamatan Galur disebut sebagai sentra ikan hias di Kulonprogo. Pemkab Kulonprogo selanjutnya memfasilitasi mereka dengan membangun suatu  kios sebagai pusat jual beli ikan hias terlengkap di kabupaten tersebut.


Kios ikan hias itu terletak di Jalan Daendeles kilometer 3,5 Desa Kranggan, Galur, Kulonprogo. Beberapa tipe ikan hias dipajang dalam puluhan akuarium yang berjejer rapi. Konsumen pun bisa menemukan akuarium kecil serta beberapa aksesorisnya untuk dijadikan rumah baru bagi ikan hias yang dibeli.

Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, serta Peternakan (DKPP) Kabupaten Kulonprogo, Sudarna mengatakan, Galur mempunyai setidaknya 22 orang pembudi daya ikan hias yang tergabung dalam Kelompok Mina Pesona. Menurutnya, potensi tersebut bisa berkembang optimal jika mereka mempunyai fasilitas pemasaran yang memadai. Pemerintah lalu berinisiatif membangun suatu  kios di atas tanah kas desa Kranggan pada tahun 2015.

“Kita buatkan kios di lokasi yang lumayan strategis. Kiosnya dimanfaatkan Kelompok Mina Pesona sejak awal 2016 serta kini telah terus ramai pembeli,” kata Sudarna, beberapa hari lalu.

Sudarna mengatakan, setiap anak buah kelompok mempunyai saham masing-masing serta bisa menitipkan ikan hiasnya untuk dipasarkan di kios. Penjualan ikan hias selanjutnya dilakukan satu pintu serta pemecahan keuntungan usaha bakal ditentukan sesuai besar saham.

Sekretaris Kelompok Mina Pesona, Arwan Tri Wiratno mengungkapkan, kelompoknya berusaha memberikan tak sedikit opsi bagi konsumen. Itulah mengapa hampir semua anak buah menjual tipe ikan yang tak sama di kios. Konsumen bisa dengan gampang menemukan puluhan ikan hias, bagai ikan deker, kohaku, cupang, guppy, koki, betta, serta sepat hias. Ada pula udang merah, ikan marbel, serta lele belang.

Arwan sendiri menjual ikan guppy serta deker di kios kelompok. Sebetulnya dirinya juga membudidayakan ikan koki, cupang, komet, serta lobster air tawar dengan total omset mencapai Rp5 juta per bulan. Namun, sebagian disetor ke Jogja serta dipasarkan terhadap pengepul yang datang langsung ke rumahnya.

“Pemasaran ikan hias itu relatif mudah. Kios kita bahkan telah punya pelanggan yang tak jarang datang untuk membeli ikan,” ujar Arwan.

Salah satu pelanggan Kios Kelompok Mina Pesona merupakan Ngatirah, warga Dusun Kijan, Desa Demangrejo, Sentolo. Dirinya mengaku tak jarang datang bersama anaknya yang suka merawat ikan hias. “Sudah langganan ke sini itu dikarenakan ikan yang dipasarkan terjangkau serta tak sedikit jenisnya,” ungkap Ngatirah.

Editor: Mediani Dyah Natalia


Itulah tadi Sahabat Komunitas Warga Kulon Progo,sedikit uraian tentang WISATA KULONPROGO - Berburu Ikan Hias di Galur.

Oh ya kawan, sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel pada halaman di bawah ini juga sedang anda cari.

Semoga artikel WISATA KULONPROGO - Berburu Ikan Hias di Galur yang saya bagikan di hari ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Terimakasih anda telah membaca artikel WISATA KULONPROGO - Berburu Ikan Hias di Galur dan bila artikel ini bermanfaat menurut anda tolong bagikan ke rekan sanak saudara anda agar mereka juga tahu tentang ha ini, bagikan artikel ini dengan alamat link https://kwkp.blogspot.com/2016/12/wisata-kulonprogo-berburu-ikan-hias-di.html

No comments