Asyiknya Bersepeda Kelilingi Pedesaan, Menikmati Alam Pegunungan Menoreh


Hallo sahabatku, Komunitas Warga Kulon Progo, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Asyiknya Bersepeda Kelilingi Pedesaan, Menikmati Alam Pegunungan Menoreh, Kami berharap isi postingan Artikel Wisata Kulon Progo, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga




Harianjogja.com, KULONPROGO-Pegunungan Menoreh menyediakan beragam kegiatan rekreasi yang ramah bagi seluruh keluarga dengan bernuansakan alam. Kegiatan tersebut salah satunya bersepeda menikmati alam mengelilingi pedesaan dengan mengendarai sepeda ontel.


Wisata bersepedesa di sekitar areal persawahan bisa didapatkan salah satunya di Dolan Ndeso Boro, Banjarsari, Kalibawang. Wita Isriyanti, salah satu pengelola mengatakan bahwa pihaknya menyediakan paket wisata bersepeda secara berkelompok untuk para pengunjung.

“Paling tidak 1 kelompok terdiri dari 20 orang,” jelasnya ketika berbincang dengan Harianjogja.com, pada Kamis (6/10/2016) lalu.

Dalam wisata berkelompok yang disediakan, pengunjung juga sekaligus mendapatkan helm atau caping beserta sepeda yang akan digunakan. Selama bersepeda beramai-ramai ini, pengunjung juga akan didampingi oleh pemandu wisata untuk diajak ke lokasi-lokasi menarik dengan trek datar di seputar Desa Banjarasri.


Pemandu biasanya memiliki sejumlah alternatif trek bagi para pengunjung. Namun, tak menutup keinginan trek bisa arahkan sesuai inisiatif pengunjung di tengah perjalanan.

Selama kurang lebih 2 jam, pengunjung bisa menikmati segarnya udara pegunungan dengan keramahan warga sekitar sembari berhenti di spot tertentu. Wita menguraikan karena jumlah sepeda yang dimiliki terbatas biasanya pengelola juga meminjam sepeda milik warga setempat. Peminjaman ini sendiri menjadi bagian dari kerja sama pengelola dengan warga setempat.


Namun, seluruh anggota kelompok harus kompak menggunakan sepeda gunung. “Jika ada yang pake ontel dan sepeda gunung nanti malah kesulitan memilih treknya,” papar gadis berhijab ini.


Biasanya, peminat wisata sepeda ini didominasi oleh wisatawan dari kota-kota besar yang sehari-hari disibukkan dengan aktivitas perkantoran. Wita mengatakan bahwa pemandangan aktivitas warga desa dan pertaniannya menjadi hal yang menarik bagi pengunjung tersebut.

“Padahal hal seperti itu sudah bisa buat kita,” tambah Wita sembari tersenyum. Selain itu, wisata sepeda juga digandrungi oleh wisatawan asing dari Eropa dan Amerika.

Selain bersepeda berkeliling desa, pengunjung juga bisa memesan paket khusus untuk sesi foto prewedding atau buku tahunan. Khusus untuk jenis persewaan seperti ini, disediakan pula kostum tradisional seperti kebaya dan beskap.


Sesi foto seperti ini semakin marak diminati beberapa waktu terakhir, khususnya dari kota-kota sekitar. Apalagi, lokasinya juga mendukung untuk melakukan sesi foto di luar ruangan ini.

Kuat Tri Utomo, Kepala Seksi Objek dan Sarana Prasarana Pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga (Disparpora) Kulonprogo mengatakan bahwa kawasan utara Kulonprogo memang menjadi magnet wisatawan karena lokasinya yang hijau. Selain itu, udaranya yang sejuk juga mendukung bagi wisatawan yang ingin sejenak rehat dari kesibukan sehari-hari.

Selain itu, kehidupan alami yang masih dianut oleh sebagian besar masyarakat Kulonprogo utara menjadi hal juga menarik bagi wisatawan asing. Minat yang tinggi itulah yang mendasari pengembangan wisata Pegunungnan Menoreh dalam waktu beberapa tahun mendatang.

Editor: Nina Atmasari |

Itulah tadi Sahabat Komunitas Warga Kulon Progo,sedikit uraian tentang Asyiknya Bersepeda Kelilingi Pedesaan, Menikmati Alam Pegunungan Menoreh.

Oh ya kawan, sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel pada halaman di bawah ini juga sedang anda cari.

Semoga artikel Asyiknya Bersepeda Kelilingi Pedesaan, Menikmati Alam Pegunungan Menoreh yang saya bagikan di hari ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Terimakasih anda telah membaca artikel Asyiknya Bersepeda Kelilingi Pedesaan, Menikmati Alam Pegunungan Menoreh dan bila artikel ini bermanfaat menurut anda tolong bagikan ke rekan sanak saudara anda agar mereka juga tahu tentang ha ini, bagikan artikel ini dengan alamat link https://kwkp.blogspot.com/2016/10/asyiknya-bersepeda-kelilingi-pedesaan.html

No comments