6 wisata alam Kulon progo


Hallo sahabatku, Komunitas Warga Kulon Progo, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul 6 wisata alam Kulon progo, Kami berharap isi postingan Artikel Wisata Kulon Progo, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga



Wisata alam di yogyakarta tidak hanya ada di bantul, gunung kidul dan sleman, tetapi daerah kulonprogo juga mempunyai wisata alam. Siapa yang tidak tahu Kulon Progo?. Kulon progo adalah salah satu kabupaten di yogyakarta. Wilayahnya berada di sebelah kulon atau barat kota jogja. Kulon adalah bahasa jawa yang artinya barat, untuk sejarahnya saya sendiri kurang tahu dari mana nama itu berasal. Mungkin dari nama Kulon dan sungai progo, karena ada sungai progo yang membatasi kabupaten sleman dan kulon progo. "Maaf jika statement diatas salah ^_^". Berbicara tentang kabupaten kulon progo tidak hanya tentang wilayah sentolo dan sekitarnya, karena wilayah kulon progo itu sampai perbukitan menoreh. Apa itu perbukitan menoreh ? Jika amu keluar dari kota Jogja keaah barat kamu akan melihat barisan perbukitan dari selatan sampi utara, nah sampai sanalah wilayah kulon progo. Sebuah kehidupan yang berbeda antara masyarakat desa dan kota yogyakarta. Bebicara tentang wisata alam di yogyakarta, ternyata kulon progo mempunyai tempat wisata alam yang masih asri, alami, belum terlalu terjamah oleh orang dan wajib untuk dikunjungi. Siapa bilang daerah kulon progo terutama daerah perbukitan menoreh, hanya sebuah barisan perbukitan, tanpa ada tempat - tempat wisata yang indah dan menarik, itu salah besar. Karena keindahan alam kulonprogo berada di daerah perbukitan menoreh. Wisata alam di kulon progo yogyakarta disebut juga desa wisata atau kampung wisata, karena wisata alam tersebut terletak di desa - desa dan yang mengelola tempat wisata tersebut adalah warga masyarakat setempat. Selain menikmati keindahan alam di kulon progo, kalian akan juga akan menikmati keramah tamahan penduduk setempat. Waktu dan jalur / rute jalan yang ditempuh untuk sampai ke desa wisata memang tidak mudah, jalan yang berkelok - kelok, naik turun dan jalan yang tidak rata menambah sensasi dalam perjalanan anda ke desa wisata. 

Berikut ini adalah daftar tempat wisata alam di jogja tepatnya di kabupaten kulon progo yang saya recommendasikan untuk dikunjungi

1. Air terjun Grojogan Sewu

grojogan sewu kulon progo, grojogan sewu kulon progo jogja, alamat grojogan sewu kulon progo, grojogan sewu girimulyo kulon progo, lokasi grojogan sewu kulon progo, curug grojogan sewu kulon progo, peta grojogan sewu kulon progo, arah grojogan sewu kulon progo, air terjun grojogan sewu kulon progo, jalan menuju grojogan sewu kulon progo, grojogan sewu kulon progo jogja, alamat grojogan sewu kulon progo, grojogan sewu girimulyo kulon progo, lokasi grojogan sewu kulon progo, curug grojogan sewu kulon progo, peta grojogan sewu kulon progo, arah grojogan sewu kulon progo, air terjun grojogan sewu kulon progo, jalan menuju grojogan sewu kulon progo, rute ke grojogan sewu kulon progo, alamat grojogan sewu kulon progo
Grojogan Sewu adalah tempat wisata alam yang berupa air terjun yang ada di kulon progo yogyakarta. Grojogan sewu ini terletak di dusun Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo tepatnya di kawasan Perbukitan Menoreh. Grojogan Sewu dalam istilah bahasa indonesia adalah air terjun seribu, yang katanya air di air terjun ini tidak pernah kering meskipun waktu musim kemarau. Dari informasi warga warga setempat, tempat wisata alam grojogan sewu ini belum lama terkenal, mulai di publikasikan sekitar 2 tahun yang lalu. Walaupun ketika musim hujan air di grojogan sewu ini tetap jernih, tidak keruh, seperti foto di bawah ini yang saya ambil 2 hari yang lalu. Jika kita naik keatas mendekati air terjun, disana terdapat kedung yang dapat digunakan untuk mandi dan berenang dengan kedalaman air yang tidak terlalu dalam jadi masih aman untuk berenang.




     

  Jalur/Rute ke Grojogan Sewu : Untuk sampai ke Grojogan Sewu, jika dari kota jogja, kamu tinggal mengikuti Jl.Godean ke arah barat keluar dari kota jogja lurus ke arah perbukitan menoreh.  





 2. Kalibiru      

kalibiru kulonprogo, wisata kalibiru kulonprogo, letak kalibiru kulonprogo, jalan menuju kalibiru kulon progo, obyek wisata kalibiru kulon progo, tempat wisata kalibiru kulonprogo, kalibiru kulonprogo jogja, kalibiru kulonprogo jogja, kalibiru kulon progo, wisata kalibiru kulon progo, alamat kalibiru kulon progo, letak kalibiru kulon progo, kalibiru daerah kulon progo, jalur kalibiru kulon progo, alamat kalibiru kulon progo, arah kalibiru kulon progo, alamat kalibiru kulon progo jogja, wisata alam kalibiru kulonprogo, air terjun kali biru kulon progo, arah jalan ke kalibiru kulon progo, biaya wisata kalibiru kulon progo, cara ke kalibiru kulon progo, kalibiru di kulon progo, kalibiru daerah kulon progo, desa wisata kalibiru kulon progo, denah lokasi kalibiru kulon progo, denah ke kalibiru kulon progo, desa kalibiru kulon progo, foto kalibiru kulonprogo, google map kalibiru kulon progo, gardu pandang kalibiru kulon progo, harga tiket masuk kali biru kulon progo, hutan wisata kalibiru kulon progo, hutan kalibiru kulonprogo, harga tiket kalibiru kulon progo, kalibiru kulonprogo jogja, alamat kalibiru kulon progo jogja, jalur kalibiru kulon progo, jalan menuju kalibiru kulon progoWisata alam Kalibiru, jika di baca dari namanya dalam bahasa jawa "kali "artinya sungai dan "biru" artinya warna biru, jadi Kalibiru artinya tempat wisata dengan sungai biru. Jangan salah mengartikan seperti statement tersebut, Kalibiru bukanlah sungai biru, tetapi wisata alam yang menyajikan keindahan alam dari atas bukit. Kalibiru terletak di wilayah Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo. Kalibiru masuk kedalam desa wisata, sehingga yang mengelola Kalibiru adalah warga setempat. Di Kalibiru kita dapat menikmati keindahan perbukitan menoreh, dan juga keindahan Waduk Sermo. Kalibiru merupakan salah satu wisata alam yang terkenal dan sekarang sering dikunjungi, mungkin karena namanya yang unik dan juga keindahan alam yang disajikan tidak mengecewakan pengunjung. Tidak hanya itu, wisata Kalibiru juga terdapat tempat outbound, bagi pengunjung yang ingin flyingfox bisa membayar ke petugas outbound.

 3. Waduk Sermo        
waduk sermo kulon progo, waduk sermo kulonprogo dari kalibiru, alamat waduk sermo kulon progo, misteri waduk sermo kulon progo, waduk sermo kalibiru kulon progo, waduk sermo wates kulon progo, wisata waduk sermo kulon progo, sejarah waduk sermo kulon progo, peta waduk sermo kulon progo, deskripsi waduk sermo kulon progo, waduk sermo kokap kulon progo, asal usul waduk sermo kulon progo, waduk sermo di kulon progo, waduk sermo di kalibiru kulon progo, waduk sermo kulon progo jogja, jalan menuju waduk sermo kulon progo, waduk sermo kokap kulon progo yogyakarta, lokasi waduk sermo kulon progo, waduk sermo kulon progo regency, waduk sermo kulon progo yogyakarta
Inilah salah satu kebanggaan Kulon Progo, tempat wisata yang sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Waduk Sermo merupakan sebuah waduk berukuran besar yang di kelilingi perbukitan yang terletak di desa Hargowilis, Kokap, KulonProgo, Yogyakarta. Sebuah waduk yang berada di dataran tinggi dari kota yogyakarta. Jika ingin menikmati wisata alam yang berhubungan dengan air, anda tidak harus datang ke pantai, berwisata ke waduk sermo anda akan dimanjakan oleh keindahan waduk beserta kesejukan alamnya. 


Jalur / rute jalan ke Waduk Sermo : Untuk sampai ke wisata Waduk Sermo bisa melalui jalan jogja-wates. Dari kota jogja - gamping - sentolo - wates. Perjalanan ke waduk sermo dimulai dari kota wates, melalui jalan wates-sermo. Ada beberapa jalan alternatif yang bisa digunakan untuk sampai ke waduk sermo,   

4. Air Terjun Curug Setawing    
 Curug setawing merupakan wisata alam air terjun yang berada di kulon progo. Air terjun ini masih berada di barisan perbukitan menoreh. Letaknya berada di dusun jonggrangan, desa jatimulyo, kecamatan girimulyo, kulon progo yogyakarta. Dari informasi warga Air terjun Curug Setawing ini baru diresmikan sekitar 2- 4bulan yang lalu. Walaupun masih baru, tetapi pengunjung yang datang terutama waktu hari libur sangat banyak. Karena masih baru, dana yang di dapat dari wisata ini, untuk sekarang masih di kelola oleh pemuda desa, belum masuk ke desa. Untuk kondisi jalan disana, mobil dapat masuk sampai tempat parkir.


       Rute jalan ke air Terjun Curug Setawing : Untuk rute jalan ke air terjun Curug Setawing sama seperti rute jalan ke grojogan sewu. Bedanya cuma kalau curug setawing belok kanan saat di Jl. Kiskendo sedangkan grojogan sewu belok kiri. Untuk lebih lengkapnya  rute jalan ke curug setawing silahkan baca " Rute Jalan ke Air Terjun Curug Setawing "




5. Waduk Mini Kleco

 Wisata alam Waduk mini kleco ini berada di di dusun ngesong, desa giripurwo, girimulyo, kulonprogo, yogyakarta. Wisata alam ini di resmikan sekitar pertengahan tahun 2014. Wisata alam ini diberi nama waduk mini kleco, kenapa diberi nama waduk mini? Karena ukuran waduk ini memang kecil, tetapi walaupun kecil pemandangan diatas waduk mini sangatlah bagus.

 

     Rute jalan ke waduk mini Kleco: -Dari jogja = Jl.godean - ke barat - pasar godean - ke barat - sungai progo - kenteng - belok kiri ke selatan - janti - belok kanan ke arah perbukitan - girimulyo.



Lebih lengkapnya tentang rute jalan ke waduk mini kleco silahkan baca artikel " Rute Jalan Ke Waduk Mini Kleco Kulon Progo ".




6. Embung / Waduk Mini Kalibawang



Wisata alam ini juga berupa waduk mini. Wisata alam ini diberi nama Embung Desa Banjaroya. Embung Banjaroya terletak di Desa Banjaroya Kecamatan Kalibawang Kulonprogo Yogyakarta. Embung Banjaroya diresmikan sekitar tahun 2014. Dari atas waduk ini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan background Gunung Merapi dan Merbabu.




Rute Jalan ke waduk mini Embung Banjaroya : Dari Jogja = Jl. Godean - Jl. Kalibawang magelang - belok kiri di REST AREA PASAR BENDO - naik keatas ke desa banjaroya. Dari Magelang = Jl. Magelang kalibawang - belok kanan di REST AREA PASAR BENDO - naik keatas desa banjaroya. 

 sumbert: Sumber:  http://titik0jogja.blogspot.co.id/

Itulah tadi Sahabat Komunitas Warga Kulon Progo,sedikit uraian tentang 6 wisata alam Kulon progo.

Oh ya kawan, sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel pada halaman di bawah ini juga sedang anda cari.

Semoga artikel 6 wisata alam Kulon progo yang saya bagikan di hari ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Terimakasih anda telah membaca artikel 6 wisata alam Kulon progo dan bila artikel ini bermanfaat menurut anda tolong bagikan ke rekan sanak saudara anda agar mereka juga tahu tentang ha ini, bagikan artikel ini dengan alamat link https://kwkp.blogspot.com/2016/04/6-wisata-alam-kulon-progo.html

No comments