Teh Suroloyo Tawarkan Kesegaran Alami, inilah VIDEO nya


Hallo sahabatku, Komunitas Warga Kulon Progo, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Teh Suroloyo Tawarkan Kesegaran Alami, inilah VIDEO nya, Kami berharap isi postingan Artikel informasi usaha kulonprogo, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga



 rute dari jogja ke kebun teh kulon progo, jalan menuju kebun teh kulon progo, letak kebun teh kulon progo, peta lokasi kebun teh kulon progo, lokasi kebun teh samigaluh kulon progo, kebun teh misi kulon progo, peta menuju kebun teh kulon progo, tiket masuk kebun teh kulon progo, nama kebun teh kulon progo, kebun teh nglinggo kulon progo yogyakarta, kebun teh nglinggo samigaluh kulon progo, kebun teh nglinggo pagerharjo samigaluh kulon progo, wisata kebun teh nglinggo kulon progo, jalan menuju kebun teh nglinggo kulon progo, obyek wisata kebun teh kulon progo, puncak kebun teh kulon progo, peta wisata kebun teh kulon progo, rute wisata kebun teh kulon progo, rute kebun teh samigaluh kulon progo, kebun teh suroloyo kulon progo, wisata kebun teh samigaluh kulon progo, denah kebun teh samigaluh kulon progo, kebun teh tritis kulon progo, tempat wisata kebun teh kulon progo, tempat wisata kebun teh di kulon progo, wisata kebun teh di kulon progo






DATARAN tinggi di Kecamatan Samigaluh tidak hanya menawarkan kesejukan dan panorama alam yang menawan. Namun juga sangat cocok untuk membudidayakan berbagai jenis komoditas perkebunan.Melalui kelompok usaha bersama (KUB) Menoreh Jaya Samigaluh, para petani teh di Samigaluh mencoba berbagi dengan PT Pagilaran. Dengan tetap menjaga simbiosis mutualisme, daun teh yang diproduksi dan dikirim ke PT Pagilaran sebagian dikemas sendiri oleh petani.

”Daun teh kami yang diolah PT Pagilaran sebagian diekspor. Sedangkan sebagian kami kemas sendiri menjadi Teh Suroloyo,” ujar Ketua KUB Menoreh Jaya Samigaluh Murtiono, baru-baru ini (4/11).

Murtiono menjelaskan Teh Suroloyo baru diproduksi mulai tahun 2014 ini. Awalnya, teh Suroloyo ini sebagai pan-cingan semangat sekaligus menaikkan nama produksi teh dari Samigaluh.”Kami mencoba mengemas, tidak hanya memproduksi daun teh basah dan teh kering. Nama Teh Suroloyo dipilihkan oleh Bupati Hasto Wardoyo,” terangnya.

Petani teh semakin bergairah, ter-lebih pemkab Kulonprogo juga menaruh perhatian. Salah satunya membantu kelompok tani teh dengan gunting khusus untuk memanen pucuk daun teh. ”Produksi teh satu hektare bisa mencapai lima sampai enam ton per bulan. Satu minggu bisa petik empat kali. Ini musim kemarau, besok musim penghujan bisa naik lagi produksinya,” terangnya.Teh Suroloyo dikemas cukup menarik dengan kemasan satu pack beratnya 90 gram. Varian dari Teh Suroloyo ini terdiri dari teh celup dan teh hijau. Produknya sudah Ini dipatenkan. Harganya Rp 3.500 per pack.

”Baru setahun ini, merek dipatenkan dari Kemenkumham dan untuk PIRT-nya dari Depkes. Kalau daun teh dijual ke PT Pagilaran Rp 1.000 dan subsidi dari pemkab Rp 250,” ungkapnya.Produksi teh di Samigaluh ada di beberapa titik. Dalam meningkatkan produksi kini petani juga mengembangkan teknik baru yang diberi nama teknik skiping atau pemerataan bidang petik.”Dengan teknik ini target yang dipatok oleh PT Pagilaran bisa tetap terpenuhi. Harga dari Pagilaran senidiri juga sudah mulai membaik,” ujarnya.

Salah satu petani teh, Nurhayati, 34, warga Tritis, Margosari, Samigaluh mengungkapkan teknik skiping sudah diterapkan. Diprediksi enam bulan kedepan sudah bisa dipetik. ”Selain produksi tehnya lebih banyak, pucuk daun yang diambil juga lebih halus,” ucapnya.Warga lain, Suryono mengaku cukup menikmati Teh Suroloyo. Sebagai warga lokal ia mengaku bisa lebih menikmati Teh Suroloyo, karena secara langsung bisa melihat proses pemetikan dan pembuatannya setiap hari.

”Bagi saya teh ini rasanya luar biasa, pas sekali ramuannya. Terlebih diminum langsung di sini dengan udara sejuk, saya sangat menikmatinya. Rasanya khas, pahit sepet dan wanginya berbeda,” terangnya. (*/ila/ong)

Manfaat Kesehatan Dari Teh Hitam


Sama seperti jenis teh lainnya, teh hitam juga menawarkan sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh, diantaranya adalah :
Meningkatkan kesehatan mulut

Teh hitam memiliki kandungan polifenol yang dapat menghancurkan bakteri jahat di dalam mulut. Bakteri tersebut dapat membuat gigi berlubang, plak, dan juga infeksi mulut lainnya.
Melindungi tubuh dari radikal bebas

Polifenol yang terkandung dalam teh hitam termasuk jenis zat antioksidan memiliki peran positif dalam melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas. Polifenol juga dapat mencegah kerusakan DNA.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Teh hitam diketahui juga mengandung alkylamines, yakni antigen yang bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, teh hitam juga mengandung senyawa tanin. Tanin memiliki peran dalam mencegah penyakit ringan akibat virus.

Menjaga kesehatan pencernaan
Kandungan tanin dan fitokimia yang ada pada teh hitam mempunyai efek restoratif pada saluran pencernaan. Efek tersebut akan membuat sistem pembuangan kotoran menjadi lebih lancar sehingga pada akhirnya juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Melindungi jantung
Mengonsumsi teh hitam juga dapat melindungi kesehatan jantung secara keseluruhan. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi teh hitam tiap harinya diketahui mengalami penurunan risiko untuk terkena stroke dan penyakit jantung sebesar 20%.
Memperkuat tulang dan gigi
Selain bermanfaat positif

Inilah cara memprosesnya.
Sumber: http://www.radarjogja.co.id/blog/2014/11/06/teh-suroloyo-tawarkan-kesegaran-alami/

Itulah tadi Sahabat Komunitas Warga Kulon Progo,sedikit uraian tentang Teh Suroloyo Tawarkan Kesegaran Alami, inilah VIDEO nya.

Oh ya kawan, sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel pada halaman di bawah ini juga sedang anda cari.

Semoga artikel Teh Suroloyo Tawarkan Kesegaran Alami, inilah VIDEO nya yang saya bagikan di hari ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Terimakasih anda telah membaca artikel Teh Suroloyo Tawarkan Kesegaran Alami, inilah VIDEO nya dan bila artikel ini bermanfaat menurut anda tolong bagikan ke rekan sanak saudara anda agar mereka juga tahu tentang ha ini, bagikan artikel ini dengan alamat link https://kwkp.blogspot.com/2016/02/teh-suroloyo-tawarkan-kesegaran-alami.html

No comments