Video pengolahan Kopi Arabica Puncak Suroloyo Kulonprogo


Hallo sahabatku, Komunitas Warga Kulon Progo, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Video pengolahan Kopi Arabica Puncak Suroloyo Kulonprogo, Kami berharap isi postingan Artikel informasi usaha kulonprogo, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga





Ketika pertama kali kami dapat email untuk mendampingi salah satu des penghasil kopi di Area Puncak suroloyo, langsung kami kaget. Oh, baru sadar selama ini kami dapat kopi malah dari luar jawa. Bahkan bisa di bilang jarang yang kami angkat dari Jogja. Satu minggu sebelum lebaran adalah pertama kalinya kami datang di desa Nglambur, Puncak Suroloyo.

Seperti pada umumnya desa-desa di Jawa yg penghasil kopi, mereka menjemur kopinya masih di atas tanah dengan beralas karpet atau kepang ( anyaman Bambu). Jika ada ayam, beberapa warga kadang menjemur di atas genteng. Mereka masih sangat tradisional dalam memproses kopinya. Petik campur, kupas lalu dikeringkan. Sebetulnya tidak ada yg salah dengan proses itu, cuman hasilnya pasti akan kurang bagus dari segi rasa dan aroma.


Pascapanen
Banyak petani yg tidak tahu soal pascapanen. Bagi kami, petani adalah garda utama kopi enak dimulai. Itulah kenapa akhirnya kami sering libur, hanya demi sharing dengan petani. Kenapa harus petik merah, logika petik dan efek dr petik merah yg harus dipahami.

kedua adalah ada pembeda harga jika ada petik merah dan petik hijau. Tidak hanya di desa ini, di beberapa desa di Temanggung juga demikian. Petani tidak mau petik merah karena harga biji kopi merah dan hijau sama. Tidak hanya itu, dengan petik merah maka bantalan kopi tidak ikut serta, efeknya akan mudah berbunga lagi kopinya.

Ketiga adalah metode pascapanen ; Petani masih banyak belum paham soal gimana kopi mau dibuat apa ? misal mau diproses dengan Natural ? semi washed ? Honey ? Sebetulnya prosesing tadi menyesuaikan dengan lokasi dan kebutuhan soal pasokan air. Misal di desa Ngambur susah air, prosesing kopi bisa dengan Honey atau Natural. Efek ke rasa dan aroma jelas beda banget. Jadi, dalam satu kopi micro lot bisa dibuat bermacam-macam rasa. Kembali lagi, rasa ditangan mereka.






Bagi anda yang penasaran dengan rasa kopi ini silakan pesan dikomentar catatan ini, atau bisa juga beli melalui TOKOPEDIA dengan alamat :

https://www.tokopedia.com/wonglenda...

Untuk melihat video liputannya silakan lihat di bawah ini.



Sumber: http://klinikkopi.com/2015/08/kopi-arabica-puncak-suroloyo-kulonprogo/


Itulah tadi Sahabat Komunitas Warga Kulon Progo,sedikit uraian tentang Video pengolahan Kopi Arabica Puncak Suroloyo Kulonprogo.

Oh ya kawan, sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel pada halaman di bawah ini juga sedang anda cari.

Semoga artikel Video pengolahan Kopi Arabica Puncak Suroloyo Kulonprogo yang saya bagikan di hari ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Terimakasih anda telah membaca artikel Video pengolahan Kopi Arabica Puncak Suroloyo Kulonprogo dan bila artikel ini bermanfaat menurut anda tolong bagikan ke rekan sanak saudara anda agar mereka juga tahu tentang ha ini, bagikan artikel ini dengan alamat link https://kwkp.blogspot.com/2016/02/kopi-arabica-puncka-suroloyo-kulonprogo.html

No comments