Cantiknya Taman Sungai Mudal di Kulonprogo


Hallo sahabatku, Komunitas Warga Kulon Progo, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Cantiknya Taman Sungai Mudal di Kulonprogo, Kami berharap isi postingan Artikel Wisata Kulon Progo, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga


(MP/luh)
MerahPutih Wisata - Taman Sungai Mudal salah satu dari banyaknya objek wisata di Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, DI Yogyakarta. Objek wisata yang baru diresmikan Bupati Kulonprogo tahun lalu, 2015, ini merupakan sarana rekreasi keluarga di tengah alam.
Letak Taman Sungai Mudal persis di perbukitan Gunung Menoreh. Tebing-tebing Taman Air Mudal terdiri atas bebatuan tebing Gunung Kelir.
Mudal merupakan nama mata air. Arti "Mudal" bagi warga Desa Jatimulyo ialah air yang berkecukupan. Mata air Mudal berasal dari goa di tebing Gunung Kelir. Mata air ini diyakini tidak pernah kering saat musim kemarau tiba. Bahkan, saat mata air di lokasi sekitarnya kering, mata air mudal tetap mengalir hingga mengaliri kebutuhan air warga setempat.
Mata air tersebut mengalir menjadi Sungai Mudal. Panjang sungai ini mencapai 600 meter. Beberapa alirannya membentuk air terjun kecil atau disebut warga sebagai grojokan. Terdapat tiga air terjun kecil di kawasan ini. Letiga memperindah taman bunga di antara tebing Kelir.
Baru tahun 2015 Taman Sungai Mudal diresmikan sebagai objek wisata.
"Sebelumnya ya gak diurus. Sungai sama grojogan (red, air terjun kecil) yang kayak hutan aja. Awalnya kita kerja bakti, gotong royong. Itu sekitar awal tahun 2015. Membersihkan tanaman-tanaman liar. Kita buat bendungan. Kita buat pagar-pagarnya. Kita buat jalannya. Intinya kita percantik. Terus kita buat taman. Luas tamannya ada mungkin setengah hektare. Barulah terakhir dari gotong royong itu Pak Bupati meresmikan objek wisata ini," kata Purwoko, 24, pemuda yang tergabung dalam Pokdarwis Taman Air Mudal, saat berbincang kepada merahputih.com, pekan lalu, di Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, DI Yogyakarta.
Taman bunganya terdiri atas berbagai macam anggrek, dan puluhan jenis bunga lainnya. Selain itu, di taman bunga ini terpajang papan tulisan "trees of hope". "Trees of hope itu program dari Pak Bupati. Jadi tiap pengunjung bisa menitip tanaman bunga atau bibit untuk ditanam di sini. Kan bisa nambah koleksi di sini," imbuh Purwoko.
Selain taman bunga, di sisi terbawah kawasan ini terdapat tempat pemandian wisatawan. Ukurannya tidak terlalu luas, hanya sekitar berukuran 5 x 6 meter. Tempat pemandian ini merupakan bendungan aliran sungai Mudal yang dibuat warga. "Dibuat untuk mandi-mandi. Tapi gak boleh masuk anak kecil. Ini dalam. Sekitar 2 meteran lebih kedalamannya," kata Purwoko.
Bagi pengunjung yang hendak berwisata ke Taman Air Mudal, disarankan membawa makanan dan minuman sendiri. Pasalnya, letak warung dengan objek wisata taman air ini terbilang jauh.
Di kawasan taman berdiri sebuah pendopo multifungsi. Pendopo tersebut dapat digunakan untuk sekadar berteduh atau tempat kegiatan pengunjung. Tidak jauh dari pendopo, tepatnya sekitar 300 meter dari sungai Mudal, terdapat kawasan camping (camp area). Lokasi tersebut dapat digunakan untuk mendirikan tenda.
Bagaimana, tertarik dengan objek wisata taman air? Jika tertarik, objek wisata Taman Sungai Mudal pilihannya. (fre)
http://merahputih.com/

Itulah tadi Sahabat Komunitas Warga Kulon Progo,sedikit uraian tentang Cantiknya Taman Sungai Mudal di Kulonprogo.

Oh ya kawan, sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel pada halaman di bawah ini juga sedang anda cari.

Semoga artikel Cantiknya Taman Sungai Mudal di Kulonprogo yang saya bagikan di hari ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Terimakasih anda telah membaca artikel Cantiknya Taman Sungai Mudal di Kulonprogo dan bila artikel ini bermanfaat menurut anda tolong bagikan ke rekan sanak saudara anda agar mereka juga tahu tentang ha ini, bagikan artikel ini dengan alamat link https://kwkp.blogspot.com/2016/02/cantiknya-taman-sungai-mudal-di.html

No comments