Juhadi Kulon Progo > Komunitas Warga Kulon Progo
WATES (KRjogja.com) - Mengantisipasi penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD), Dinas Kesehatan Kulonprogo melakukan pengasapan (fogging) di Pedukuhan Dipan dan Wonosidi Lor Kelurahan Wates, Selasa (30/7/2013). Sejak sebulan terakhir diwilayah tersebut terjadi peningkatan kasus, tercatat belasan warga positif terjangkit demam berdarah.

Data yang diperoleh, penyebaran penyakit demam berdarah yang terjadi di wilayah Rukun Tetangga (RT) yang ada di wilayah Pedukuhan Dipan dan Wonosidi Lor yakni RT 76 (9 orang), RT 75 (1 orang), RT 62 (2 orang) dan wilayah RT 63 (2 orang).

Ketua RT 76 Aris Prilanto menyatakan penyebaran kasus demam berdarah di wilayahnya terjadi sejak sebulan terakhir. Dari total 9 warga yang terjangkit, dua anak SD diantaranya mondok di rumah sakit. "Warga sebenarnya sudah rutin kerja bakti, namun masih ada yang terjangkit,"ujar Aris sambil menambahkan agar penyebaran demam berdarah tidak meluas, maka pihaknya Dinas Kesehatan untuk melakukan fogging.

Habib Abubakar selaku Petugas Pemberantasan Penyakit Bersumber Binatang Dinas Kesehatan Kulonprogo mengungkapkan bahwa pengasapan dilakukan setelah adanya laporan terdapat delapan penderita demam berdarah dari puskesmas setempat. Laporannya ditindaklajuti dengan upaya pengasapan (fogging) di wilayah Pedukuhan Dipan dan Wonosidi Lor Kelurahan Wates.

"Petugas melakukan penyemprotan setelah mendapat laporan penularan demam berdarah dari puskesmas setempat, angka bebas jentik di dua pedukuhan cukup rendah yakni sekitar 60 persen. Dan fogging akan dilakukan sebanyak dua kali,"tandas Habib. (Wid
Tulis komentar...