Grojogan Sewu Destinasi Wisata Air di Kulonprogo


Hallo sahabatku, Komunitas Warga Kulon Progo, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Grojogan Sewu Destinasi Wisata Air di Kulonprogo, Kami berharap isi postingan Artikel Wisata Kulon Progo, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga


14 Februari 2016 22:14 WIB (MP/bro)


MerahPutih Wisata - Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo, DI Yogyakarta, memang tidak ada habisnya untuk dikupas dalam hal ihwal wisatanya. Selain wisata taman dan goa, terdapat banyak wisata air terjun di desa ini.
Salah satu objek wisata air terjunnya ialah Grojogan Sewu. Namanya memang persis dengan objek wisata di Tawangmangu, Jawa Tengah. Meski sama, Grojogan Sewu di Kulonprogo ini sangat berbeda dengan di Tawangmangu. Selain suasananya yang masih natural, Grojogan Sewu ini terbilang asri.
"Dibilang grojogan karena air terjunnya pendek. Di sini yang dibilang grojogan itu tinggi air terjunnya ya kira-kira gak lebih 10 meter lah," kata Yana, salah seorang warga yang menyediakan lahan parkir kepada merahputih.com, pekan lalu, di Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, DI Yogyakarta.
Saat memasuki kawasan wisata ini, pengunjung akan melihat taman bunga nan indah. Salah satu sudut tamannya berdiri toilet umum khusus pengunjung. Di sisi lainnya terdapat dua pendopo. Masing-masing pendopo menghadap ke air terjun.
"Yang menggarap taman sama pemeliharaannya ya warga di sini. Kita gotong royong. Kita senang kan banyak wisatawan ke sini kalau dikelola gini," kata Yana menjelaskan ihwal pengelolaannya.

Memang, seperti air terjun lainnya di Desa Jatimulyo, Grojogan Sewu juga baru didirikan pada 2015. Sebelumnya hanya air terjun yang tak terurus. Ketika itu, tidak ada pengunjung. Namun, setelah semua dikelola, rata-rata wisatawan mencapai 100 per harinya saat hari biasa. "Hari libur atau tanggal merah bisa dua kali lipatnya," kata Yana.
Untuk mencapai ke Grojogan Sewu dari Kota Yogyakarta, Anda ambil jalur ke Godean. Lanjut hingga ke Pasar Godean. Dari situ, ambil ke jalur Pasar Jonggrangan. Jarak pasar ini ke lokasi hanya sekitar 3 kilometer. Di Pasar Jonggrangan akan terdapat papan petunjuk. Jarak antara Kota Yogyakarta hingga Grojogan Sewu sekitar 36 kilometer.

Satu lagi yang patut dicoba saat mengunjungi Grojogan Sewu ialah hasil pertanian warga sekitar. Di kawasan ini kebun salak cukup luas. Apalagi ketika 2 kilometer jelang masuk ke kawasan wisatanya, pengunjung akan melihat di kiri dan kanan jalan perkebunan salak. Saat panen, salak-salak tersebut bisa dipetik langsung dengan harga per kilogramnya hanya Rp3.000. Bagaimana, sangat murah kan? Tertarik memetik salak setelah wisata air terjun? Datang saja ke Grojogan Sewo Kulonprogo. (fre)



sumber: http://indonesiana.merahputih.com/wisata/2016/02/14/grojogan-sewu-destinasi-wisata-air-di-kulonprogo/38397/

Itulah tadi Sahabat Komunitas Warga Kulon Progo,sedikit uraian tentang Grojogan Sewu Destinasi Wisata Air di Kulonprogo.

Oh ya kawan, sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel pada halaman di bawah ini juga sedang anda cari.

Semoga artikel Grojogan Sewu Destinasi Wisata Air di Kulonprogo yang saya bagikan di hari ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Terimakasih anda telah membaca artikel Grojogan Sewu Destinasi Wisata Air di Kulonprogo dan bila artikel ini bermanfaat menurut anda tolong bagikan ke rekan sanak saudara anda agar mereka juga tahu tentang ha ini, bagikan artikel ini dengan alamat link https://kwkp.blogspot.com/2016/02/grojogan-sewu-destinasi-wisata-air-di.html

No comments