Obyek Wisata Goa Kebon panjatan


Hallo sahabatku, Komunitas Warga Kulon Progo, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Obyek Wisata Goa Kebon panjatan, Kami berharap isi postingan Artikel Wisata Kulon Progo, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga



Potensi wisata di Kulonprogo cukup beragam, namun wisata yang mampu memberikan ruang bagi pembelajaran masih belum banyak. Atas dasar itulah, Kecamatan Panjatan mulai memperkenalkan potensi wisatanya, Taman Tirta Wiyata Gua Kebon sebagai destinasi wisata pendidikan.


 Taman Tirta Wiyata Gua Kebon menjadi salah satu potensi wisata yang diperkenalkan kecamatan ini sebagai kawasan wisata edukasi.

"Taman ini memiliki salah satu objek alam yang menarik, yakni Gua Kebon. Gua tersebut terbentuk secara alami dari endapan kapur yang berlangsung cukup lama," ujar  Sudarmanto disela peluncuran Taman Tirta Wiyata yang diresmikan Wakil Bupati Kulonprogo Sutedjo, Kamis (8/10/2015).


Dinas Pendidikan Kulonprogo turut mengapresiasi ide masyarakat Panjatan untuk mengembangan potensi wisata berbasis edukasi. Kepala Dinas Pendidikan Kulonprogo Sumarsana mengungkapkan, sampai saat ini belum ada objek wisata yang mengkhususkan diri sebagai destinasi wisata edukasi. Meskipun banyak objek wisata yang menawarkan wisata edukasi di dalamnya.

Sesuai keberadaannya yang  berlokasi di kebon atau pekarangan, objek wisata yang belum banyak dikenal itu kemudian dinamai Gua Kebon.

Pemilik pekarangan, Komarul Hadi mengaku, gua tersebut sudah ada sejak lama dan terbentuk secara alami. Sejak pekarangannya dibersihkan dan beberapa pohon ditebang untuk membuka jalur off road motor trail, penduduk terutama anak-anak muda semakin banyak yang berkunjung.

perjalanan dari Jogja ditempuh dengan waktu kurang lebih satu jam. Jalan untuk menuju objek wisata ini juga sudah dapat diakses dengan baik.

Hanya saja masih belum memiliki papan penunjuk arah, sehingga cukup sulit untuk mencarinya. Hal ini karena objek wisata tersebut belum dikelola secara profesional.

"Tempat ini cuma untuk main anak-anak di sekitar sini saja. Kadang kalau siang sampai sore kebanyakan anak-anak yang habis pulang sekolah yang main. Tapi akhir-akhir ini banyak orang dari luar kota yang datang, bahkan sampai ada yang berkemah di sini.



Itulah tadi Sahabat Komunitas Warga Kulon Progo,sedikit uraian tentang Obyek Wisata Goa Kebon panjatan.

Oh ya kawan, sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel pada halaman di bawah ini juga sedang anda cari.

Semoga artikel Obyek Wisata Goa Kebon panjatan yang saya bagikan di hari ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Terimakasih anda telah membaca artikel Obyek Wisata Goa Kebon panjatan dan bila artikel ini bermanfaat menurut anda tolong bagikan ke rekan sanak saudara anda agar mereka juga tahu tentang ha ini, bagikan artikel ini dengan alamat link https://kwkp.blogspot.com/2015/11/obyek-wisata-goa-kebon-panjatan.html

No comments