Tradisi Unik Selepas Salat Idulfitri


Hallo sahabatku, Komunitas Warga Kulon Progo, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Tradisi Unik Selepas Salat Idulfitri, Kami berharap isi postingan ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga


Banyak cara untuk merayakan Lebaran, selain menyantap opor dan ketupat. Masyarakat di Dusun Paingan, Desa Sendangsari, Kecamatan Pengasih, Kulonprogo mempunyai cara tersendiriuntuk mengungkapkan kegembiraan mereka yakni balon udara setinggi10 meter diterbangkan dari halaman makam dusun dan disambut tepuktangan meriah.
Tradisi yang sudah berjalan 11 tahun ini berawal dari ide para pemuda RT 09 yang membuat pertunjukan menarik untuk masyarakat. Kebiasaan itukemudian menjadi tradisi antar RT saat bertemu di tengah makam sebelum melakukan ziarah kubur bersama.

Komponen utama balon Lebaran itu terdiri dari tiga bagian yakni badan balon yang terbuat dari plastik dan berfungsi menampung udara. Bagian kedua adalah blengker balon yang terbuat dari bambu dan dipipihkan, kemudian dibentuk menjadi sebuah lingkaran penuh dan berfungsi sebagai dasar atau pijakan badan balon sertabagian yang tak kalah penting juga adalah asep terbuat dari gulungan kaingombal yang terlebih dahulu direndam dalam minyak tanah.
Kepala Dusun Paingan, Maryadi mengatakan, tradisi balon udara berfungsi sebagai wujud kebersamaan antarwarga dusun untuk saling bertemu dan silaturahmi serta melakukan ziarah kubur bersama. Ia melanjutkan, balon Lebaran merupakan hasil kreativitas dan inovasi yang akan terus dipertahankan untuk memberikan nuansa semarak di Idulfitri.

Sedangkan Ketua RT 09, Ngasiyo mengatakan, para pemuda membutuhkan waktu tiga hari untuk membuat balon tersebut. Dana dikumpulkan dari para donator, kemudian dibelikan beragam perlengkapan untuk membuat. Tradisi itu akan terus diturunkan ke generasi berikutnya untukmenjaga kebersamaan warga di Dusun Paingan.

Tepuk tangan meriah langsung terdengar saat balon mulai dilepaskan dan terbang tinggi mengangkasa. Lilitan pita warna merah muda dan ungu mempercantik tampilan di ketinggian. Selepas itu, warga kemudian menuju ke makam masing-masing keluarga.

Caption: Warga Dusun Paingan Desda Sendangsari, Kecamatan Pengasih, Kulonprogo berbondong-bondong menerbangkan balon raksasa, Kamis (9/8/2013)

sumber: harian jogja

Itulah tadi Sahabat Komunitas Warga Kulon Progo,sedikit uraian tentang Tradisi Unik Selepas Salat Idulfitri.

Oh ya kawan, sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel pada halaman di bawah ini juga sedang anda cari.

Semoga artikel Tradisi Unik Selepas Salat Idulfitri yang saya bagikan di hari ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Terimakasih anda telah membaca artikel Tradisi Unik Selepas Salat Idulfitri dan bila artikel ini bermanfaat menurut anda tolong bagikan ke rekan sanak saudara anda agar mereka juga tahu tentang ha ini, bagikan artikel ini dengan alamat link https://kwkp.blogspot.com/2013/08/tradisi-unik-selepas-salat-idulfitri.html

No comments